CIRI ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

Orang yang melaksanakan pekerjaan dengan kesadaran tinggi, dan tidak hanya menuntut hak saja dapat dikatakan sebagai warga yang baik. Orang yang memiliki tanggungjawab besar terhadap kewajibannya akan sanggup mempertanggung jawabkan perbuatannya.
Sikap seseorang yang bertanggung jawab adalah sebagai berikut:
1. Mau menanggung akibat perbuatannya.
Oarang yang bertanggung jawab tidak akan lari dari resiko yang ditimbulkan akibat perbuatannya. Ia akan hadapi apapun sanksi atau hukumannya. Sebaliknya, orang yang tidak bertanggung jawab akan menghindar dari resiko yang ada. Ia akan melemparkan masalah pada orang lain, atau melakukan fitnahan pada orang lain. Perbuatan mengorbankan orang lain merupakan tindakan kekerasan. Sikap ini harus dihindari. Apapun bentuk resiko kita harus menanggungnya.

2. Tidak akan menyalahkan orang lain.
Pelaku perbuatan merupakan orang pertama yang akan menanggung aibat perbuatannya yang salah. Apabila kita salah, jangan lempar batu sembunyi tangan. Hal itu tidak baik. Kita yang berbuat, maka kita juga yang harus mempertanggungjawabkannya.

3. Menyadari kelemahannya
Perbuatan salah hendaknya harus kita sadari sebagai bentuk kelemahan atau kekurangan diri kita. Mengakui kelemahan yang ada merupakan perbuatan yang baik untuk melaksanakan perbaikan dikemudian hari.

4. Berusaha memperbaiki diri
Upaya untuk menciptakan keadaan lebih baik dari sebelumnya merupakan perbuatan yang baik. Orang yang bertanggung jawab selalu berusaha memperbaiki dariri dari segala kekurangan dan kelemahan serta kesalahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar